Di Sudut Meja Belajar: Tanaman Sirih Gading

Di Sudut Meja Belajar

Tanaman Sirih Gading

Oleh: Najwa Kahani Fatima

Sirih gading atau Epipremnum aurum merupakan salah satu tanaman anggota suku talas-talasan. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman semi-epifit yang memiliki wujud seperti sirih pada umumnya. Tetapi sirih gading memiliki kekerabatan yang cukup jauh dengan tanaman sirih.



Sirih gading sendiri tumbuh merambat di batang pohon atau dapat ditanam di dalam pot. Selain itu, tanaman ini juga dapat bertahan hidup cukup lama melalui media tanam air dengan cara memotong cabangnya lalu mencelupkan pangkalnya kedalam air.

Sirih gading tidak memerlukan perawatan khusus untuk dapat tetap bertahan hidup. Maka dari itu, tanaman ini mendapat julukan tanaman tahan banting. Selain itu, sirih gading juga dapat bertahan hidup bahkan di ruangan yang gelap sekalipun dan sangat sulit untuk mati.

Daun sirih gading memiliki bentuk yang sama dengan daun sirih pada umumnya. Bentuknya bulat lebar pada pangkal dan meruncing di ujungnya hampir seperti bentuk jantung hati. Tetapi ada sedikit perbedaan antara keduanya mengenai ketampakan tulang daun. Tulang daun sirih gading tidak terlalu tampak jelas dibandingkan dengan tulang daun sirih.

Ukuran daun sirih gading yang ditanaman di pot akan terlihat relatif lebih kecil dibandingkan dengan sirih gading yang tumbuh merambat di batang pohon. Lebar daunnya berkisar 3,8 cm hingga 6,5 cm untuk penanaman dalam pot. Tetapi tidak memungkiri untuk berukuran lebih kecil maupun lebih besar.

Daunnya sendiri berwarna hijau dengan dihiasi corakan abstrak berwarna kuning seperti marmer. Terkadang juga terdapat daun sirih gading dengan warna kuning pucat mendominasi, dihiasi motif abstrak warna hijau.



Batangnya kecil dan berwarna hijau muda. Apabila menggunakan media tanam air, pada ujung batangnya akan tumbuh akar secara perlahan.

Dengan kelebihan yang dimilikinya, sirih gading seringkali dimanfaatkan sebagai tanaman hias baik dalam maupun luar ruangan. Hal ini dikarenakan sirih gading tidak memerlukan perawatan khusus untuk dapat tetap bertahan hidup dan dapat ditanam di media tanah maupun air. 

Comments

Popular Posts